Cara Mendapatkan Pinjamaan Di Platform P2P untuk Modal Usaha

Mencari dan menemukan investor pendanaan usaha kecil, yang bersedia memberi kucuran dana untuk usaha Anda memang bukanlah hal yang mudah. Tidak memenuhi syarat yang diberlakukan oleh investor yang bekerja sama dengan lembaga keuangan penyedia modal usaha menjadi salah satu faktor pelaku UMKM kesulitan mendapat pinjaman koperasi tanpa jaminan untuk modal usaha.

Sulitnya mendapat pinjaman kredit syariah membuat para pelaku UMKM susah mengembangkan bisnisnya. Namun, seiring berkembangnya zaman, banyak kemudahan yang ditawarkan para penyedia jasa pendanaan usaha terutama untuk usaha kecil atau UMKM.

Pentingnya Investor bagi Pelaku Usaha UMKM

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa modal merupakan faktor terpenting saat Anda menjalankan usaha. Keterbatasan modal usaha dapat menghambat perkembangan bisnis yang Anda jalankan. Sebagai pengusaha mikro atau umkm, kemungkinan mengalami kesulitan dana tambahan tentu bisa saja Anda alami.

Tidak sedikit para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang justru mundur karena tidak sanggup melanjutkan usaha yang mereka jalankan. Hal ini yang mendasari pentingnya investor bagi kelangsungan pelaku umkm.

Pentingnya investor bagi umkm adalah untuk tetap bisa bertahan di persaingan usaha yang makin ketat. Selain untuk bertahan, dana tambahan juga berguna untuk mengembangkan usaha Anda. Jika ingin usaha Anda semakin besar, Anda tentunya memerlukan modal untuk biaya operasional yang besar pula. 

Langkah Mendapat Investor Pendanaan Usaha

Untuk menarik hati calon investor yang bersedia memberikan dana, Anda perlu memerhatikan beberapa langkah berikut. Tujuannya agar usaha yang Anda jalankan makin berkembang dan menjadi besar. Berikut langkah-langkah untuk menemukan investor.

  1. Paham Kriteria Calon Investor

Sebagai pelaku usaha mikro kecil menengah atau yang biasa disebut dengan UMKM, Anda harus memahami kriteria yang ditetapkan oleh investor untuk memperoleh pinjam modal tanpa agunan online. Paham dengan kriteria setiap investor akan memudahkan Anda mendapatkan dana usaha yang Anda ajukan.

Mengenali investor sangat perlu Anda lakukan. Beberapa investor menyukai pelaku usaha umkm yang menjalankan bisnis di bidang sosial budaya, ada pula investor yang menyukai pelaku usaha di bidang pangan untuk diberikan dana usaha.

  • Proposal yang Menarik

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan proposal semenarik mungkin. Proposal ini yang nantinya Anda tunjukkan untuk menarik hati investor. Salah satu caranya adalah dengan memaparkan potensi dan pertumbuhan usaha yang Anda jalankan. Jangan lupa untuk mencantumkan keuntungan dan keunggulan, serta potensi risiko dari usaha Anda sebagai bahan pertimbangan investor.

  • Menyiapkan Catatan Keuangan dengan Matang

Merapikan catatan keuangan dapat menunjukkan keseriusan Anda pada investor. Cara ini dapat Anda gunakan untuk meyakinkan investor bahwa bisnis yang Anda jalankan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, terstruktur, disiapkan dengan matang, dan menawarkan keuntungan bagi investor yang bersedia bekerja sama dengan Anda.

  • Partisipasi dalam Pameran

Salah satu cara untuk menemukan investor usaha mikro adalah dengan berpartisipasi dalam pameran usaha atau umkm. Meski sudah banyak perusahaan investasi berbasis online, partisipasi Anda di pameran akan berperan penting untuk menemukan investor.

Bagi Anda yang berniat untuk mengembangkan usaha Anda, Anda bisa mulai mengikuti workshop atau pameran untuk menaikkan reputasi usaha sehingga investor umkm tertarik untuk memberikan kucuran dana usaha yang Anda jalankan.

Kini Anda sudah mengetahui pentingnya investor, bukan? Karena pentingnya peran investor umkm atau investor usaha mikro bagi usaha Anda, langkah-langkah di atas dapat Anda terapkan demi kelangsungan usaha  yang Anda jalankan.