Mengenal Apa itu Equity Crowdfunding, Cara Kerja, dan Keuntungan Berinvestasi dengan Crowdfunding

 

Menyusun rencana investasi tepat menjadi suatu hal penting yang harus disiapkan sedini mungkin.  Karena penempatan modal yang tepat akan membantu seseorang mencapai goals jangka pendek dan jangka panjang. Dalam perkembangannya, investasi semakin mudah dan beragam dengan berbagai instrumen dan platform yang mempermudah proses investasi anda.

Salah satu cara investasi potensial adalah investasi bisnis, yaitu melakukan investasi modal kepada bisnis-bisnis dengan prospek perkembangan yang menjanjikan. Penanaman modal ini merupakan solusi bagi bisnis-bisnis potensial yang terhambat perkembangannya karena kekurangan modal atau banyak ide bisnis inovatif tidak direalisasikan karena akses modal yang sulit. Proses penanaman modal melalui bisnis kini lebih mudah dan investasi juga dapat dilakukan dengan modal kecil dengan equity crowdfunding yang membantu pemilik usaha dan investor untuk menanamkan modal.

Pengertian Crowdfunding

Apa itu equity crowdfunding? Platform crowdfunding adalah sebuah sistem pendanaan kepada pihak atau bisnis yang membutuhkan dana untuk memulai atau mengembangkan usaha mereka. Sistem Pendanaan  ini bisa dilakukan secara kolektif oleh beberapa orang melalui platform equity crowdfunding yang pada saat ini bisa diakses secara online. Penggunaan platform equity crowdfunding akan mempermudah UKM untuk mengakses modal mengembangkan bisnis mereka. Dari sisi investor, platform ini akan mempermudah investasi bisnis dengan modal kecil.

Selanjutnya, sebelum memulai investasi crowdfunding kita perlu memahami lebih lanjut tentang bagaimana sistem yang digunakan dalam crowdfunding.

Bagaimana Cara Kerja Equity Crowdfunding

Platform crowdfunding pada dasarnya membutuhkan investor dan platform untuk proses pengumpulan modal. Bisnis yang membutuhkan investor biasanya akan mengajukan diri kepada platform crowdfunding dengan memberikan proposal dan prospek bisnis kedepan. Prinsip crowdfunding memiliki tiga komponen utama yaitu pencari Modal, investor dan pihak penyedia platform crowdfunding sebagai wadah bagi investor dan pencari modal.

Penyedia wadah crowdfunding akan melakukan listing bisnis yang membutuhkan investor sehingga pemilik modal dapat memilih bisnis yang akan diberikan modal. Proses pengumpulan dana akan dilakukan hingga mencapai target yang diinginkan. Investor yang mulai menanamkan modal akan diberikan beberapa syarat dan ketentuan terkait investasi termasuk sistem pembagian keuntungan kedepannya.

Berbagai Keuntungan Berinvestasi Equity Crowdfunding

Sistem pengumpulan modal dengan equity crowdfunding ini sangat menguntungkan baik dari sisi pengusaha atau pencari modal maupun investor. Pengusaha tentu saja sangat diuntungkan dengan adanya platform ini untuk memulai atau mengembangkan usaha mereka karena dapat mencakup calon investor yang lebih luas karena adanya situs crowdfunding di Indonesia sehingga bisa mencakup investor dalam cakupan yang luas. Sistem ini juga memiliki memberikan beberapa keuntungan kepada investor, yaitu :

1. Memiliki Resiko dengan cenderung rendah

Investasi melalui sistem crowdfunding memperkecil resiko investasi yang akan timbul. Hal ini dikarenakan pihak investor memiliki akses untuk membagi modalnya ke beberapa bisnis yang memiliki potensi besar sekaligus sehingga memperkecil resiko.

2. Kemudahan melakukan investasi bisnis secara online

Platform equity crowdfunding Indonesia memberikan akses lebih mudah kepada investor untuk menanamkan modal mereka ke dalam berbagai jenis bisnis potensial yang memiliki potensi keuntungan jangka panjang untuk mereka. Akses investasi secara online juga membuat proses investasi menjadi lebih cepat dan mudah.

3. Memahami dengan jelas aliran dana investasi

Crowdfunding memiliki sistem yang terbuka sehingga investor memahami dengan spesifik kemana modal mereka akan digunakan. Keterbukaan ini menjadikan investor dapat lebih mudah memutuskan bisnis mana yang memiliki potensi keuntungan lebih besar.