Penyebab Umum Dan Pertolongan Pertama Hidung Tersumbat 

Pada saat mengalami hidung yang tersumbat, bernapas menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan itu membuat timbulnya perasaan tidak nyaman akibat saluran pernapasan yang tidak bekerja secara normal dan bisa sangat mengganggu aktivitas yang ingin dilakukan, terkadang juga saat hidung yang tersumbat ini terjadi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman lain seperti timbulnya rasa sakit di kepala sampai berkurangnya indra penciuman.

Karena timbulnya perasaan yang tidak nyaman itulah yang membuat banyak orang mencari tahu informasi dan cara yang bisa dilakukan agar hidung tersumbat tersebut cepat untuk sembuhnya, akan tetapi sebelum mencari tahu mengenai cara mengatasi hidung tersumbat tersebut ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi supaya bisa menghindarinya.

Berikut penyebab umum yang bisa membuat hidung tersumbat

Perubahan cuaca extrem

Penyebab pertama yang bisa menyebabkan hidung tersumbat adalah perubahan cuaca yang terlalu extrim seperti cuaca yang panas pada siang hari kemudian berubah menjadi terlalu dingin di sore hari yang bisa membuat peradangan di saluran hidung.

Masuknya benda asing ke hidung

Benda asing yang masuk ke hidung seperti asap rokok misalnya bisa membuat lubang hidung yang menghirup benda asing tersebut membuat pembengkakan pada hidung, karena pembengkakan dari hidung akibat benda asing tersebutlah yang membuat hidung menjadi tersumbat.

 Alergi dingin

 Alergi dingin juga bisa menyebabkan seseorang terkena hidung tersumbat, ada sebagian orang yang tidak kuat dengan cuaca dingin atau mengkonsumsi sesuatu yang terlalu dingin yang bisa menyebabkan rongga pernapasan seperti hidung menjadi meradang dan membengkak yang membuat hidung terasa tersumbat.

Flu

Infeksi virus influenza bisa terjadi pada siapa saja dan jiak virus ini menyerang maka seseorang akan terkena penyakit flu yang membuat peradangan pada selaput lendir yang ada pada hidung yang dapat menyumbat saluran pernapasan seperti hidung.

Batuk pilek

 Banyak yang berpikir bahwa batuk pilek ini sama dengan flu, namun sebenarnya kedua hal tersebut adalah hal yang berbeda, jika flu disebabkan oleh infeksi rongga hidung yang diakibatkan virus influenza berbeda dengan batuk pilek. Batuk pilek ini disebabkan oleh virus rhinovirus dan biasanya batuk pilek ini lebih ringan ketimbang dengan penyakit flu namun sama – sama bisa membuat hidung menjadi tersumbat.

Untuk pembahasan mengenai penyebab umum hidung tersumbat agar bisa menghindarinya sudah selesai, dan sekarang adalah cara dan pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika sudah mengalami hidung tersumbat.

1. Konsumsi air putih lebih banyak

Cara  yang bisa dilakukan  untuk pertolongan pertama mengatasi hidung tersumbat adalah dengan mengonsumsi lebih banyak cairan seperti air putih, hidung yang tersumbat itu biasanya terjadi akibat lendir yang ada di rongga hidung lebih banyak dari biasanya, dengan mengonsumsi air putih yang cukup banyak dari biasanya bisa membantu mengencerkan lendir yang ada di hidung yang membuat sumbatan menjadi berkurang, dan ada baiknya air putih hangat lebih bagus karena akan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan juga.

2. Menggunakan uap hangat

 Selanjutnya adalah dengan menghirup uang hangat, cara ini adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan agar membuat hidung yang tersumbat menjadi berkurang dan memberikan rasa yang nyaman, caranya juga hanya dengan menyiapkan air hangat yang diletakkan pada wadah yang bersih dan uap hangat dari air tersebutlah yang bisa dihirup.

3. Menggunakan minyak angin aromatherapy

 Untuk pertolongan pertama yang terakhir yang bisa dilakukan untuk melegakan hidung yang tersumbat adalah dengan menghirup minyak angin aromatherapy, cara ini hampir sama dengan uap hangat seperti yang ada di atas, namun perbedaanya terletak pada kemudahanya saja kamu tidak perlu  menyiapkan air hangat yang harus dimasak terlebih dahulu, tinggal buka minyak anginya dan hirup.

 

 

  

Leave a Comment