Pengertian mengenai PNB dan PDB di Dalam Pendapatan Secara Nasional

Untuk mengetahui tingkat kesejahteraan yang di miliki oleh masyarakat suatu negara bisa kita lihat berdasarkan pendapatan nasionalnya. Gross Domestic Product atau Produk Domestik Bruto (PDB) dan Gross National Product atau Produk Domestik Nasional (GNP) merupakan dua buah konsep yang masuk ke dalam pendapatan nasional. Walaupn keduanya ini sama- sama di pakai untuk menghitung pendapatan Nasional, tapi PDB dan PNB ini memiliki beberapa perbedaan. Pada kesempatan kali ini bersama Berita bisnis fortune Indonesia mari kita bahas mengenai perbedaan PDB dan PNB

1. Pengertian PDB dan PNB

Seperti yang telah di kutip dalam ruang guru, Produk Domestik Bruto ini adalah jumlah produk yang merupakan jasa atau barang yang di hasilkan dari beberapa unit produksi yang ada di batas wilayah suatu negara dalam waktu satu tahun. perhitungan untuk GDP ini meliputi barang dan juga jasa dari hasil perusahaan asing yang ada di wilaytah atau negara tersebut. sedangkan untuk Produk Nasional Bruto merupakan sebuah barang dan juga jasa yang memang di hasilkan oleh para penduduk di suatu negara atau secara nasional di kurun waktu 1 tahun, untuk warga yang ada di negara tersebut dan menghasilkan pendapatan diluar negri hal ini juga termasuk.

2. Konsep PDB dan PNB

Seperti yang d kutip di dalam blog pasar modal Universitas Thamrin AKA, konsep dari PDB ini mengaju kepada jumlah barang dan juga jada ynag memang di hasilkan dalam sebuah unit produksi di sebuah negara. Lalu untuk PNB ini semuanya mengacu terhadap jumlah nilai barang dan juga jasa yang tela di hasilkan oleh seorag warga negara. PNB ini tidak akan menghitung pendapatan yang di dapatkan dari para penduduk asing, perusahaan asing indonesia, hingga bisnis asing. Jadi jika dikatakan secara singkat maka PDB ini akan di pakai saat akan menghitung total untuk pendapatan sebuah negara berdasarkan lingkup pada batas wilayah. PNB ini di pakai juga untuk mengetahui pendapatan negaa dari lingkup warganya.

3. Manfaat PDB dan PNB

PNB ini memiliki manfaat sebagai indicator untuk menentukan tingkat kesekahteraan pada masyarakat. Termasuk mengenai standar hidup dan juga pendapatan dari sebuah negara. Dari hasil perhitungan tersebut maka pemerintah ini akan mengambil lagkah yang cukup tepat untuk di ketahui tigkat kesejahteraannya dari masyarataknya ini ada di bawah rata-rata. Perhitungan PDB ini juga memiliki sebuah manfaat, diantaranya:

  • Untuk mengukur laju pada pertumbuhan ekonomi secara nasional
  • Membandingkan sebuah kemajuan ekonomi negara dengan negara lainya
  • Membantu pemerintah untuk mengambil sebuah kebijakan
  • Menjadi sebuah dindikator kualitas hidup pada masyarakat di suatu negara

4. Rumus PDB dan PNB

Dari segi perhitungan untuk PDB dan PNB ini memiliki cara perhitungan yang beda. Ini dia rumus-rumusnya:

1. Rumus PDB

PDB = Pendapatan masyarakat dalam negeri (WNI) + Pendapatan warga asing dalam negeri (WNA)

2. Rumus PNB

PNB = Pendapatan WNI dalam negeri + Pendapatan WNI luar negeri (LN) – Pendapatan WNA dalam negeri

Nah mugkin itu saja pembahasn yang bisa kita bahas dalam kesempatan kali ini, semoga saja informasi yang telah di jelaskan ini bisa bermanfaat untuk Anda atau anggota keluarga lainnya yang sudah membacanya hingga akhir. Sampai jumpa lagi pada kesempatan lainnya!

Leave a Comment