Penyebab Tembok Retak dan Cara Mengatasinya

Masalah tembok retak masih menjadi salah satu masalah bangunan yang dihadapi banyak orang. Tembok retak tidak hanya merusak penampilan, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan lain yang mengancam struktur bangunan dan keselamatan orang di dalamnya.

Ada banyak alasan munculnya tembok retak, yang biasa terjadi pada bangunan tempat tinggal. Dimulai dengan faktor alam dan  pemicu buatan yang muncul sebelum dan sesudah proses pembangunan. Untuk itu, ketahui beberapa penyebab terjadinya tembok retak dan berbagai cara mengatasinya pada ulasan berikut ini.

Penyebab Tembok Retak

1. Permukaan Tanah yang Turun

Penurunan permukaan tanah secara tiba-tiba adalah penyebab paling umum dari tembok retak pada bangunan. Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi penurunan permukaan tanah. Mulai dari gempa sampai faktor lokasi bangunan itu sendiri. Misalnya, bangunan yang dibangun di atas tanah yang basah sering kali berisiko lebih besar untuk retak.

2. Kualitas Bahan Penyusun Dinding

Buruknya kualitas komposisi penyusun dinding juga menjadi faktor penyebab tembok retak akibat kelalaian manusia, yang memang dapat dihindari sedini mungkin. Oleh karena itu, sebelum memulai pembangunan, pastikan bahan bangunan yang Anda pilih benar-benar kuat dan berkualitas tinggi agar dapat bertahan lama.

3. Kerusakan Struktur Bangunan

Tembok retak sering kali terjadi ketika struktur dinding pada bangunan mengalami kerusakan. Biasanya hal ini disebabkan oleh berbagai sebab seperti kerusakan struktur dinding, benturan keras atau ketidakmampuan konstruksi menahan beban berat bangunan.

4. Kelebihan Beban

Kemampuan kekuatan konstruksi yang tidak sesuai dengan berat beban di atasnya tentu akan menyebabkan melemahnya struktur pada dinding dan akhirnya retak. Retak akibat beban lebih disebabkan oleh tidak berfungsinya penyangga struktural kolom. Akibatnya, dinding juga harus menanggung sebagian beban bangunan.

5. Penggunaan Acian dan Plesteran yang Kurang Tepat

Meski sering diremehkan, penggunaan acian dan plester yang tidak sesuai juga bisa menjadi penyebab tembok retak. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain acian yang dilakukan sebelum plester benar-benar kering. Kemudian takaran acian atau plesteran tidak tepat hingga pengerjaan yang terkesan buru-buru dan asal.

Cara Mengatasi Tembok Retak

Mengetahui cara menangani tembok retak dengan benar pasti akan membantu Anda menghemat banyak uang. Simak beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tembok retak  di rumah Anda.

1. Cari Tahu Penyebab Retak pada Dinding

Sebelum Anda mulai memperbaiki tembok retak, pastikan Anda paham betul apa penyebab sebenarnya. Karena teknik yang digunakan akan disesuaikan dengan penyebab dinding retak. Cari tahu juga tingkat keparahan retakan yang mungkin terjadi, apakah sudah menjalar ke bata atau hanya permukaannya saja.

2. Amplas Permukaan Dinding

Setelah mengetahui penyebab pastinya, kini saatnya mulai pengerjaan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan area di sekitar dinding yang retak benar-benar bersih dan rata. Anda dapat mengikis lapisan cat dengan pisau atau sekrap sebelum mulai mengamplas. Amplas dinding sampai bahan penutup benar-benar hilang.

3. Bersihkan Retakan dari Debu

Selain pengamplasan, Anda juga harus membersihkan bagian dalam retakan yang mungkin berdebu. Anda dapat memperbaiki dinding yang retak dengan membersihkan permukaannya dengan kain basah untuk mencegah kotoran menempel lagi nantinya.

4. Tutup Retakan di Dinding dengan Tambalan yang Tepat

Jika retakan pada dinding tidak terlalu parah, Anda dapat mengisi retakan pada dinding tersebut dengan wall filler. Namun, jika retakannya dalam dan sudah parah, sebaiknya gunakan campuran semen dan pasir untuk menambalnya karena penggunaan wall filler sudah tidak efektif lagi.

5. Lakukan Pengecatan pada Area Sekitar Tembok yang Retak

Setelah dinding ditambal, selesaikan langkah finishing dengan mengecat ulang area di sekitar dinding yang retak. Anda harus menggunakan cat warna yang sama dengan permukaan lain agar terlihat sama. Anda juga bisa mengaplikasikan plamir agar permukaan terlihat lebih halus.

Mengetahui penyebab tembok retak dan cara mengatasinya, mengatasi tembok retak tentu tidak sulit lagi. Tetapi selalu berusaha untuk berhati-hati agar tidak merusak struktur bangunan lainnya juga. Karena konstruksi bangunan yang kokoh akan membuat penghuninya merasa tenang dan aman. Bagi Anda yang membutuhkan jasa tukang untuk memperbaiki masalah pada bangunan Anda, Anda dapat menemukan jasa tukang bangunan berkualitas hanya di Sejasa.com.

Leave a Comment