Apa Manfaat Aplikasi Inventory Bagi Perusahaan Anda?

Setiap bisnis yang berjalan pasti memiliki yang dinamakan inventory barang dan stok barang, tidak peduli jenis bisnis yang kamu jalankan itu adalah bisnis offline yang berjualan di toko-toko maupun di kios kios, hingga berjualan online di marketplace ecommerce di Indonesia.

Sebagian pedagang besar lebih memilih menggunakan aplikasi stok barang sederhana dan sudah mengerti apa itu database. Lalu Apa manfaat aplikasi inventory dan bagaimana cara yang mereka lakukan hingga pengaturan stok inventorynya selalu lancar lancar saja ? Yuk Simak di Artikel berikut ini.

Apa itu Inventory?

Berbicara mengenai penyimpanan barang, anda perlu mengetahui apa itu inventory. Inventory pada dasarnya memiliki arti yang simpel yaitu persediaan. Dalam hal ini persediaan juga bisa berarti sebagai persediaan barang yang disimpan untuk dijual lagi, maupun persediaan barang yang disimpan untuk dipakai oleh kepentingan perusahaan lagi.

Dalam melakukan manajemen stok inventory, pengaturan penyimpanan di gudang wajib dilakukan dengan menggunakan WMS atau Warehouse Management System. Sangat tidak disarankan menggunakan sistem manual dengan menggunakan kartu stok maupun buku laporan stok gudang barang agar inventory dapat dikelola dengan baik.

Kenapa Inventory Harus Dikelola Dengan Baik?

Dengan adanya sistem manajemen gudang yang baik, Inventory pasti dapat dikelola dengan baik asalkan penerapannya maksimal. Namun mengapa Inventory harus dikelola dengan baik? Tentunya untuk dapat membantu memilih, menyimpan dan membagi produk yang telah disimpan di gudang.

Duh, stok gudang berantakan… Eits, jangan ngeluh lagi! Sekarang, ada Jurnal WMS (Warehouse Management System) yang bakalan bantu kamu manajemen gudang mulai dari ngurusin stok, multi gudang, hingga logistik.

Jenis-Jenis Aplikasi Inventory

Dalam penggunaannya aplikasi inventory dibagi menjadi 3 jenis, yaitu aplikasi inventory berbasis web, aplikasi stok barang android, aplikasi stok barang ios. Selain 3 jenis itu ada juga beberapa pengguna aplikasi inventory menggunakan aplikasi stok barang excel.

3 Aplikasi Inventory Berbasis Web

1. Ecount

Ecount adalah salah satu aplikasi inventory berbasis web yang memiliki fitur lengkap hingga laporan keuangan juga. Ecount ini menyediakan sistem selain Aplikasi Inventory juga menyediakan sistem ERP

2. Jurnal

Jurnal merupakan salah satu aplikasi inventory berbasis web yang menyediakan fitur ERP yang sangat lengkap. Jurnal dapat membantu perputaran stok barang hingga laporan keuangan juga. Hal ini membuat Jurnal dapat membantu menghitung total keuntungan dari setiap penjualan produk beserta dengan total riwayat keluar masuknya barang.

3. Kios Kode

Aplikasi inventory berbasis web ini menggunakan source programming yang berbasis Web PHP dan MySQL. User Interfacenya cukup mudah untuk dimengerti, anda dapat mencoba fitur fitur basic nya di website Kios Kode sementara untuk full versionnya anda perlu untuk membayar paket terlebih dahulu.

3 Aplikasi Stok Barang Dengan Android

1. Stock and Inventory Simple

Aplikasi ini dikembangkan oleh Chester SW dan sudah di download lebih dari seratus ribu kali dan memiliki rating yang lumayan tinggi yaitu 4.6 di Google Play Store. Aplikasi ini menyediakan fitur scan barcode dengan menggunakan perangkat ponsel juga.

2. Inventory Management

Dengan ukuran file yang ringan, aplikasi ini telah diunduh lebih dari seratus ribu kali. Tampilan dari aplikasi ini cukup sederhana dan mudah untuk dimengerti ini. Aplikasi ini dapat membantu mengingatkan jumlah barang yang harus dibeli untuk memenuhi kebutuhan operasional usaha.

3. Easy Inventory Manager Offline

Sesuai dengan nama aplikasinya, aplikasi ini dapat digunakan pada saat anda tidak dapat terhubung dengan jaringan internet. Aplikasi ini cocok untuk pengusaha kecil dalam melakukan pencatatan persediaan barangnya.

3 Aplikasi Stok Barang Dengan iOS

1. Zoho Inventory

Dikenal dengan sistem CRM nya yang sudah dewasa ini, aplikasi Zoho Inventory memiliki rating yang lumayan di iOS dengan angka 4.6. Aplikasi ini dapat membuat laporan tentang kondisi stok terupdate, transfer antar gudang, hingga riwayat keluar masuk barang juga. Selain itu anda juga bisa mendapat laporan keuntungan dan kerugian dari data penjualan harian.

2. Qasir

Aplikasi ini tersedia di android dan iOS dengan rating yang tinggi juga diangka 4.6. Aplikasi ini sudah cukup lengkap dirancang untuk disesuaikan ke semua jenis bisnis produk maupun jasa. Tidak adanya iklan di aplikasi ini membuat aplikasi ini adalah salah satu yang wajib anda coba.

3. Simple Stock Manager

Tersedia juga di android dan iOS, aplikasi ini cukup ringan dan simpel sesuai dengan namanya. Kelebihan dari aplikasi ini memiliki fitur export data ke kartu SD dengan format CSV ataupun PDF.

3 Kesulitan dalam Mengelola Inventory

1. Produk Kadaluarsa

Perusahaan dapat mengalami kerugian apabila tidak mengelola stok inventorynya dengan baik dan benar. Produk produk yang rentan akan kadaluarsa seperti makanan ataupun kosmetik memiliki batas waktu bagi perusahaan untuk segera menjualnya.

2. Lokasi Barang Berantakan

Bagaimana tidak, tanpa sistem manajemen stok barang yang baik, penyimpanan tidak dikategorikan berdasarkan jenisnya dan asal-asal saja meletakan barang simpanannya.

3. Stok Tidak Terjual

Dalam mengelola inventory apabila tidak menggunakan manajemen stok barang yang baik anda akan menemukan produk produk yang dikira sudah habis namun ternyata masih ada di gudang. Karena terlalu lama tidak terjual, produk bisa menjadi tidak tren lagi dan sangat kesulitan untuk menjualnya.

Manfaat Aplikasi Inventory

1. Kontrol Stok

Dengan menggunakan aplikasi inventory atau wms Indonesia, anda dapat dengan mudah melacak produk mana saja yang perlu untuk dibeli lagi sebelum kehabisan barang. Kehabisan barang membuat keuntungan atau profit perusahaan menjadi macet.

2. Manajemen Gudang

Membantu mendahulukan produk produk mana saja yang seharusnya keluar dari gudang terlebih dahulu. Dengan sistem FIFO, LIFO maupun FEFO, anda dapat menentukan bagaimana penyusunan produk di gudang anda.

3. Pelacakan Serial Number atau Barcode

Dengan menggunakan sistem scan barcode, anda dapat terbantu untuk mengenali dan mendaftar keluar masuknya produk yang ada di gudang anda.

Manfaat Aplikasi Inventory Bagi Dirjen Pajak

Selain perusahaan yang menggunakan sistem Aplikasi Inventory yang dapat merasakan keuntungannya, Dirjen Pajak juga terbantu dengan hadirnya Aplikasi Inventory. Dengan adanya aplikasi Inventory barang, Dirjen Pajak dan Cukai dapat terbantu dengan kemudahan dalam mengontrol pergerakan persediaan perusahaan. Selain itu juga dapat terbantu dengan kemudahan rekonsiliasi dokumen kepabeanan dengan sistem persediaan yang dimiliki perusahaan

Jurnal by Mekari, Tool Bisnis Online Paling Kredibel

Punya kesulitan mengelola toko online yang terdaftar di berbagai marketplace? Say no worry, Jurnal hadir untuk Anda! Jurnal adalah sistem bisnis berbasis Cloud yang menyediakan berbagai fitur andalan lengkap guna mempermudah pengelolaan semua toko online yang Anda miliki hanya dalam satu dashboard! Yuk, daftar Jurnal Indonesia sekarang dan dapatkan free trial selama 14 hari full!