Beginilah Cara Problem Solving and Decision Making

Problem solving and decision making merupakan hal penting yang bermanfaat untuk semua orang. Terutama untuk perusahaan yang harus mempunyai keputusan yang diambil secara cepat tetapi dengan hasil yang baik. Pengambil keputusan tersebut penting untuk mendukung operasional kantor. Hal tersebut tentunya bukan merupakan hal yang mudah dan membutuhkan tanggung jawab yang dapat juga mempertaruhkan karir dan citra seorang eksekutif yang mengambil keputusan. Dengan keputusan tersebut akan membuat perusahaan berkembang atau justru sebaliknya memberikan dampak yang tidak bagus untuk perusahaan.

Di perusahaan dengan ritme yang cepat harus memberikan penyelesaian masalah dan pengambilan yang tidak hanya cepat tetapi juga memberikan hasil efektif. Banyak yang mengambil keputusan dengan cepat, tetapi hasilnya kurang bagus. Hal tersebut karena tidak mempertimbangkan peluang dan kemungkinan yang dapat di analisa sebelumnya. Padahal apabila hal tersebut dipertimbangkan terlebih dahulu akan dapat untuk membuat potensi yang dipunyai dapat dioptimalkan sehingga juga akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Untuk mendapatkan pengambil keputusan yang tidak hanya cepat tetapi efektif tersebut tentunya membutuhkan pelatihan yang bisa diikuti agar bisa mengambil keputusan dengan tepat.

Biasanya untuk problem solving and decision making tersebut mempunyai tahap-tahap seperti berikut ini:

  • Pertama adalah defining the problem yaitu mengenali kendala yang menjadi sumber dari suatu masalah yang dihadapi di dalam perusahaan. Dengan mengidentifikasi masalah ini akan dapat membuat masalah tidak akan terulang kembali dalam bekerja, karena hanya keledai yang jatuh pada lubang yang sama untuk kedua kali.
  • Selanjutnya adalah generating alternative yang mencari alternatif dari solusi masalah yang dihadapi tersebut.
  • Ketiga adalah evaluating and selecting alternatives. Ketika sudah mempunyai skenario problem solving, maka bisa untuk memilih alternatif yang paling baik digunakan untuk menyelesaikan masalah.
  • Terakhir adalah implementing solutions yaitu memilih solusi dan mengeksekusinya untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi di perusahaan.

Pelatihan tersebut akan memberikan beragam manfaat yang bisa digunakan yaitu:

  • Manfaat pertama adalah dapat untuk memahami teknik untuk memecahkan masalah secara rasional. Penting untuk tetap berpikir secara logis ketika akan menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi di kantor.
  • Manfaat kedua adalah dapat memahami teknik pemecahan masalah yang dilakukan secara kreatif.
  • Dapat untuk memahami teknik untuk mengambil keputusan dengan hasil yang optimal secara rasional dan kreatif.
  • Dapat untuk memahami metode untuk menganalisa potensial masalah yang bisa timbul.
  • Dapat untuk meningkatkan ketrampilan untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan.
  • Dapat meningkatkan keterampilan untuk membuat keputusan yang efektif.
  • Dapat mengembangkan pengetahuan dan juga keterampilan untuk mengambil keputusan.

Mengambil keputusan dan juga menganalisa masalah agar tidak terulang lagi tersebut sangat penting untuk perusahaan. Sehingga kemampuan tersebut juga bisa untuk dipunyai dan dilatih bagi karyawan perusahaan agar dapat mempunyai kinerja yang lebih baik. Untuk memberikan pengetahuan tersebut bisa memberikan pelatihan dari lembaga pelatihan yang diberikan untuk karyawan. Seperti yang diberikan dari lembaga Prasmul-ELI yang bisa dipilih oleh perusahaan.

Kantor bisa memberikan pelatihan problem solving and decision making dari Prasmul-ELI  yang mempunyai banyak program karyawan sehingga memberikan manfaat bagi perusahaan. Keuntungan dari lembaga pelatihan ini mempunyai berbagai jenis pelatihan menghadapi masalah dan pengambil keputusan dalam perusahaan untuk membuat karyawan dapat mempunyai kemampuan yang dibutuhkan untuk keputusan tersebut. Dengan metode dan trainer yang berpengalaman dapat menjadi pilihan terbaik pelatihan yang didapatkan dari Prasmul-ELI.

Leave a Comment