Rekomendasi Wisata Kuliner Tegal Yang Wajib Dikunjungi

Berwisata kuliner di daerah Jawa khususnya Jawa tengah, maka anda bisa menemukan banyak sekali makanan enak. Salah satunya tentu saja Anda harus mencicipi berbagai kuliner yang ada di Tegal. Jika Anda ingin berangkat dari Semarang ke Tegal maka pilihan transportasi paling nyaman adalah travel Semarang Tegal.

Tegal sendiri punya banyak makanan khas dan juga warung-warung yang menyajikan makanan enak tersebut. Berikut beberapa rekomendasinya yang wajib Anda coba.

1. Kupat Glabed Tegal

Yang pertama Anda wajib coba kupat glabed. Adapun ini merupakan makanan khas dari Tegal yang tidak akan anda temukan di daerah lain. Makanan ini dibuat dari bahan dasar kupat yang merupakan nasi kepal lalu dimasukkan ke dalam bungkus yang terbuat dari daun kelapa.

Kupat kemudian disajikan dengan kuah santan yang dicampur tepung maizena lalu dibumbui kunyit sehingga kuahnya menjadi kuning. Biasanya makanan ini juga dihidangkan dengan kerupuk keriting lalu ada isian lain seperti daging ayam, sate ayam dan juga telur rebus. Kupat paling enak bisa anda temukan di sekitar alun-alun kota Tegal dengan harga yang terjangkau.

2. Sate Blengong

Yang kedua ada sate blengong, di mana kuliner sate ini biasanya disajikan dengan kupat glabed. Sate blengong dibuat dari daging yang merupakan hewan persilangan antara entok dan bebek.

Rasa sate blengong ini cenderung gurih namun pedas. Untuk yang ingin makan sate blengong maka wajib mengunjungi warung Kupat Blengong Mas Nanang di Jalan Sawo Barat Tegal.

3. Rujak Teplak

Jika Anda ingin mencicipi rujak yang berbeda dari rujak pada umumnya maka wajib makan rujak teplak. Rujak ini memiliki ciri khas yaitu punya campuran daun singkong. Rujak teplak disebut juga sebagai rujak yang sehat karena terdiri dari beragam sayuran seperti kangkung, daun singkong, pare, kol dan ada juga tauge.

Rujak ini disajikan juga dengan kerupuk yang renyah dan gurih. Untuk lokasi warungnya yang paling terkenal ada di Mak Taplak di Jalan HOS Cokroaminoto, Tegal.

4. Sauto Tegal

Sauto Tegal adalah kuliner khas Tegal yang merupakan makanan berkuah dengan warna kuah lebih keruh. Kuahnya keruh karena memang terdapat campuran tauco di dalam makanan ini. Campuran tauco membuat Sauto Tegal berpadu dengan rasa manis, ada rasa gurih dan asam serta asin. Sauto biasanya juga disajikan dengan potongan daging dan babat. Anda bisa kunjungi Warung Makan Moro Tresno untuk bisa makan Sauto paling enak.

5. Nasi Ponggol Tegal

Rekomendasi kuliner terakhir yang harus dicoba ketika ke Tegal adalah nasi ponggol. Nasi ini sebenarnya merupakan jenis nasi biasa yang dibungkus dengan daun pisang dan menjadi ciri khas dari nasi ponggol.

Adapun nasi ponggol biasanya disajikan saat sarapan bersama dengan oseng mie, sambal teri lalu ada juga kering tempe dan sambal pedas.

Selain itu ada juga jenis makanan khas lainnya seperti nasi lengko, sate kambing, es lontong, glotak dan masih banyak lagi. Perjalanan paling aman untuk berwisata kuliner maka Anda wajib pilih travel terbaik yaitu Belvania Trans.

Anda ingin berangkat dari Semarang ke Brebes maka wajib pilih travel Semarang Brebes dari Belvania dengan armada terbaik dan bisa dipilih sesuai budget. Biaya sewa mobil travelnya juga sangat terjangkau, Anda bisa pesan secara online untuk mobil dengan sopir atau lepas kunci.