Perbedaan Headset, Headphone, dan Earphone

Karena memiliki fungsi utama yang sama persis terkadang banyak orang yang tidak bisa membedakan antara headset, headphone, dan earphone. Padalah ada perbedaan dari ketiga perangkat audio tersebut.

Oleh karena itu, dalam tulisan kali akan membahas tentang perbedaan headset, headphone, dan earphone sebagai berikut.

1. Headset

Sejatinya headset adalah seperangkat headphone yang dilengkapi dengan mikrofon. Bukan hanya itu, mikrofon headset juga busa berupa mikrofon boom, dimana mikrofon yang dipasang pada boom bisa digerakkan sesuai dengan keinginan pengguna.

Mikrofon tersebut terpadang pada kabel yang menghubungkan headset ke PC atau perangkat lain.

Perangkat audio ini sangat ideal digunakan untuk berbagai aktivitas. Seperti untuk komunikasi voiceover IP dengan layanan Skype, dan video call.

Selain itu, headset juga sangat cocok digunakan untuk bermain game online dengan komunikasi suara yang lebih seru.

2. Headphone

Headphone bisa dibilang sebagai pioneer dari berbagai perangkat keras audio saat ini. Headphone terdiri dari dua pasang speaker sederhana yang terpasang pada sebuah band lalu digunakan di atas kepala pengguna. Itu artinya posisi speaker berada di ata telinga pengguna.

Headphone sangat cocok digunakan bagi anda yang suka mendengarkan musik atau nonton video dengan kualitas suara yang sangat baik.

Headphone juga biasanya menawarkan peredam suara yang lebih baik. Dimana headphone berfungsi sebagai semacam insulasi pendengaran, menjaga kebisingan yang dihasilkan oleh headphone yang berada di dalam penutup telepon sekaligus menutup suara yang mengganggu dari luar.

3. Earphone

Earphone merupakan generasi penerus headphone. Jika headphone memiliki bentuk yang besar, sedangkan earphone lebih kecil. Sehingga perangkat audio ini sangat praktis dan menjadikannya lebih mudah dibawa kemana-mana.

Maka dari itu, earphone bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para atlet pelari, dimana mereka tetap bisa berolahraga sambil mendengarkan musik pavoritnya.

Seiring semakin berkembangnya teknologi, maka munculah berbagai inovasi yang menghasilkan produk-produk modern dan canggih, seperti earphones bluetooth. Adanya earphones bluetooth ini membuat banyak orang yang meninggalkan headset. Hal ini dikarenakan cara penggunaan earphones yang lebih praktis sehingga bisa digunakan dengan mudah dimana saja. Lalu apa saja kelebihan earphone bluetooth?

Kelebihan Earphone Bluetooth

1. Menjaga Tingkat Keamanan

Tingkat keamanan yang lebih baik, terutama pada saat anda sedang bepergian. Dimana keberadaan earphones bluetooth ini bisa meningkatkan keamanan anda saat berkendara di jalanan, baik itu mengendarai sepeda motor maupun mobil. Dengan demikian, penggunaan earphones bluetooth bisa membantu anda untuk menerima panggilan telepon tanpa harus memegang handphone, sehingga anda tetap bisa fokus dalam mengendarai kendaraan.

2. Praktis dan Mudah Digunakan

Lebih mudah dan praktis saat digunakan. Dengan menggunakan alat ini memungkinkan anda bisa mengangkat panggilan telepon tanpa harus memegang ponsel di tangan. Sehingga anda bisa lebih leluasa bergerak sambil menelepon atau mendengarkan musik. Selain itu, alat ini tidak menggunakan kabel panjang dalam penggunaannya sehingga menjadi lebih praktis.

3. Mengurangi Risiko Terkena Radiasi

Perlu anda ketahui jika anda terlalu sering menggunakan ponsel secara berlebihan, hal ini tentunya bisa menyebabkan telinga menjadi panas dan bisa menyebabkan rasa pusing serta pening. Bahkan efek radiasi dari handphone bisa menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan yang serius, seperti kanker otak. Oleh karena itu, dengan adanya alat ini bisa mengurangi resiko terkena radiasi dari handphone.

4. Lebih Fleksibel

Dengan menggunakan alat ini anda bisa menjadi lebih produktif dalam bekerja. Karena dengan menggunakan alat ini anda masih bisa menggunakan kedua tangan secara maksimal dalam bekerja walaupun anda sedang menerima telepon atau mendengarkan musik.