Wisata Kuliner di Bali, Sensasi Kuliner Khas Bali yang Wajib Kamu Coba!

Hello Sobat Berita Mulia! Kali ini saya akan membahas tentang “Wisata Kuliner di Bali” yang pastinya akan sangat menarik untuk dibaca dan dijadikan referensi bagi kamu yang ingin mencoba sensasi kuliner khas Bali saat berkunjung ke pulau Dewata.

1. Lawar

Lawar merupakan makanan khas Bali yang terbuat dari daging babi atau ayam yang dicampur dengan sayuran dan rempah-rempah khas Bali. Makanan ini memiliki cita rasa yang unik dan gurih. Harga dari makanan ini juga sangat terjangkau, mulai dari 15 ribu hingga 25 ribu rupiah saja.

2. Babi Guling

Babi guling merupakan makanan khas Bali yang paling terkenal. Makanan ini terdiri dari daging babi yang dipanggang dengan rempah-rempah khas Bali yang membuatnya sangat lezat. Kamu bisa menemukan babi guling di hampir semua warung makan di Bali dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp. 80.000.

3. Sate Lilit

Sate lilit merupakan makanan khas Bali yang terbuat dari daging ikan cincang yang dililitkan pada tusuk sate bambu. Sate lilit ini kemudian dibakar hingga matang dan disajikan dengan sambal matah yang pedas. Kamu bisa menemukan sate lilit di hampir semua warung makan di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000.

4. Ayam Betutu

Ayam betutu adalah makanan khas Bali yang terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan rempah-rempah khas Bali. Makanan ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan lezat. Kamu bisa menemukan ayam betutu di hampir semua warung makan di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp. 80.000.

5. Nasi Jinggo

Nasi jinggo adalah makanan khas Bali yang terdiri dari nasi kecil yang dilengkapi dengan lauk pauk seperti telur, ayam, dan sate lilit. Nasi jinggo ini biasanya dijual di warung-warung kecil dan harganya sangat terjangkau, hanya sekitar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah saja.

6. Jaja Laklak

Jaja laklak adalah makanan khas Bali yang merupakan sejenis kue basah yang terbuat dari tepung beras. Kue ini kemudian dicampur dengan kelapa parut, gula merah, dan daun pandan yang membuatnya sangat lezat. Kamu bisa menemukan jaja laklak di hampir semua warung kopi di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000.

7. Es Doger

Es doger adalah minuman khas Bali yang terbuat dari campuran kelapa muda, tape ketan hitam, gula merah, dan sirup coklat yang kemudian disajikan dengan es serut. Minuman ini sangat nikmat dan menyegarkan, cocok untuk kamu nikmati saat cuaca panas di Bali. Kamu bisa menemukan es doger di hampir semua warung kopi di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000.

8. Bubur Sumsum

Bubur sumsum adalah makanan khas Bali yang terbuat dari tepung ketan, air, dan gula merah. Makanan ini kemudian disajikan dengan kelapa parut yang membuatnya semakin lezat. Kamu bisa menemukan bubur sumsum di hampir semua warung kopi di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000.

9. Klepon

Klepon adalah makanan khas Bali yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah. Makanan ini kemudian dibalut dengan kelapa parut yang membuatnya semakin nikmat. Kamu bisa menemukan klepon di hampir semua warung kopi di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000.

10. Serombotan

Serombotan adalah makanan khas Bali yang terdiri dari sayuran seperti kacang panjang, tauge, labu siam, dan tempe yang kemudian diolah dengan bumbu kacang yang sangat lezat. Kamu bisa menemukan serombotan di hampir semua warung makan di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000.

11. Tipat Cantok

Tipat cantok adalah makanan khas Bali yang terdiri dari tipat (ketupat) campur sayur seperti kacang panjang, tauge, dan timun yang kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang sangat lezat. Kamu bisa menemukan tipat cantok di hampir semua warung makan di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000.

12. Mie Goreng

Mie goreng bisa ditemukan dimana saja, tetapi mie goreng di Bali memiliki cita rasa yang berbeda. Mie goreng yang dijual di Bali biasanya dicampur dengan bumbu khas Bali yang membuatnya sangat nikmat. Kamu bisa menemukan mie goreng di hampir semua warung makan di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000.

13. Sate Plecing

Sate plecing adalah makanan khas Bali yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dicampur dengan bumbu khas Bali yang sangat pedas. Kamu bisa menemukan sate plecing di hampir semua warung makan di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000.

14. Soto Ayam

Soto ayam adalah makanan khas Bali yang terdiri dari sup ayam yang diolah dengan rempah-rempah khas Bali yang membuatnya sangat nikmat. Soto ayam biasanya disajikan dengan nasi dan kerupuk. Kamu bisa menemukan soto ayam di hampir semua warung makan di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000.

15. Nasi Campur Bali

Nasi campur Bali adalah makanan khas Bali yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan lauk pauk seperti ayam, daging sapi, babi, dan sate lilit. Kamu bisa menemukan nasi campur Bali di hampir semua warung makan di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp. 80.000.

16. Laklak Bali

Laklak Bali adalah makanan khas Bali yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan daun pandan. Makanan ini kemudian diberi taburan kelapa parut dan gula merah yang membuatnya sangat nikmat. Kamu bisa menemukan laklak Bali di hampir semua warung kopi di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000.

17. Kopi Bali

Kopi Bali merupakan kopi khas Bali yang terkenal dengan rasa yang nikmat dan aroma yang khas. Kamu bisa menemukan kopi Bali di hampir semua warung kopi di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 50.000.

18. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda adalah minuman khas Bali yang terbuat dari kelapa muda segar yang diperas dan dicampur dengan es serut. Minuman ini sangat menyegarkan dan cocok untuk kamu nikmati saat cuaca panas di Bali. Kamu bisa menemukan es kelapa muda di hampir semua warung kopi di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000.

19. Es Campur Bali

Es campur Bali adalah minuman khas Bali yang terdiri dari buah-buahan segar seperti nangka, kelapa muda, dan tape ketan hitam yang kemudian dicampur dengan sirup, es serut, dan susu kental manis. Minuman ini sangat nikmat dan menyegarkan. Kamu bisa menemukan es campur Bali di hampir semua warung kopi di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000.

20. Brem Bali

Brem Bali adalah minuman khas Bali yang terbuat dari beras ketan yang difermentasi dengan ragi. Minuman ini memiliki cita rasa yang manis dan agak sedikit alkohol karena proses fermentasinya. Kamu bisa menemukan brem Bali di hampir semua warung kopi di Bali dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 50.000.

Kesimpulan

Itulah beberapa kuliner khas Bali yang wajib kamu coba saat berkunjung ke pulau Dewata. Semoga artikel ini dapat memberikan referensi yang berguna bagi kamu yang ingin mencoba sensasi kuliner khas Bali. Jangan lupa juga untuk mencicipi keindahan alam dan budaya Bali yang mempesona. Selamat menikmati kuliner khas Bali dan liburanmu di Bali. Terima kasih sudah membaca artikel ini, Sobat Berita Mulia!