Apa Itu Vaksin Sinochem?

Sumber : wartaekonomi.co.id

Berbagai usaha dan juga upaya sudah dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona yang masih tetap harus diwaspadai menjelang akhir tahun 2020. salah satu upaya yang benar-benar sangat diharapkan sekarang ini adalah vaksinasi. Terkait vaksin yang sudah ditunggu-tunggu oleh warga di seluruh dunia, vaksin yang dikatakan sangat efektif untuk menangkal virus Corona yaitu vaksin Sinochem

Vaksin ini merupakan nama asli dari vaksin Sinovac. Jika orang lebih mengenal nama Sinovac, Anda harus tahu bahwa nama aslinya adalah Sinochem. Vaksin ini dikembangkan oleh perusahaan dari Tiongkok yaitu Sinovac Biotechnology. Tidak heran di masyarakat nama vaksin jadi lebih dikenal dengan Sinovac saja.

Untuk diketahui vaksin ini sudah masuk dalam tahap ujian klinis fase ketiga. Hingga Oktober 2020 lalu sudah ada ribuan relawan yang diberikan dan selesai mendapatkan vaksin. Setelah pada tahap ini , akan dilihat bagaimana reaksi vaksin virus Corona yang diberikan pada para relawan ini dapat melindungi tubuh manusia.

Untuk diketahui pengujian terhadap vaksin ini terbagi menjadi beberapa tahapan. Di bawah ini akan diulas beberapa tahapan tersebut.

  1. Tahap Uji Klinis

 Pengujian vaksin secara klinis diberikan pada monyet dan tikus. Lalu setelah itu akan dilihat hasil dari vaksin apakah sudah memberikan respon imun atau tidak.

  1. Uji Klinis Tahap I

Di tahap ini, pemberian vaksin mulai dicoba ke sejumlah kecil orang. Untuk menguji seberapa besar keamanan dan dosis dari vaksin. Pada tahap ini juga dilakukan untuk memastikan bahwa vaksin memang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh manusia.

  1. Uji Klinis Tahap II

Di tahap kedua, penelitian melakukan uji coba vaksin covid untuk ratusan orang yang dibagi menjadi beberapa kelompok kategori. Yaitu untuk kelompok anak-anak dan orang tua dengan tujuan Apakah vaksin bisa bekerja pada tubuh orang-orang. Uji coba ini masih dilakukan untuk melihat apakah vaksin memang aman dan punya kemampuan untuk merangsang sistem imun tubuh manusia.

  1. Uji Klinis Tahap III

Masuk ke tahap tiba yaitu pemberian vaksin pada ribuan Orang dan melihat seberapa banyak yang terinfeksi. Juga dilihat seberapa banyak perbandingannya antara sukarelawan yang diberikan plasebo. Di tahap ini uji coba dapat menentukan apakah vaksin memang bisa melindungi tubuh dari virus Corona. FDA berharap bahwa vaksin setidaknya 50% bisa melindungi tubuh dari korona baru vaksinasi bisa dianggap efektif. Pengujian di tahap ini harus Memberi bukti bahwa efek samping dari vaksinasi harus lebih ringan.

  1. Fase Gabungan

Tahap ini dilakukan untuk mempercepat pengembangan vaksin dengan menggabungkan beberapa fase. Di fase ini, pengujian langsung dilakukan pada ratusan orang.

  1. Persetujuan

Untuk diketahui vaksin sudah disetujui oleh Tiongkok dan Rusia tanpa menunggu hasil uji klinis tahap III. Tapi para ahli mengatakan bahwa persetujuan tersebut dinilai terburu-buru dan bisa menimbulkan resiko serius. Nah pada proses persetujuan ini biasanya regulator di setiap negara akan meninjau hasil uji coba dan akan melakukan pertimbangan, apakah vaksin bisa digunakan atau tidak. Nantinya setelah vaksin dilisensi, peneliti juga tetap harus memantau orang yang menerima vaksin dan memastikan bahwa vaksin ini aman serta efektif.

Nah, ini bentuk anda sudah memahami seputar vaksin Sinochem, yang dikatakan efektif untuk menangkal virus Corona. Dari informasi di atas bisa disimpulkan bahwa, kini warga dunia khususnya Indonesia tinggal hanya menunggu waktu yang tepat untuk pemberian vaksin ke masyarakat umum. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar vaksinasi virus Corona ini di platform kesehatan Halodoc. Halodoc dapat anda akses melalui website ataupun aplikasi di Android dan iPhone.

Leave a Comment