Agar Tak Salah, Catat Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Fresh Graduate Yang Tepat Berikut Ini!

Setelah berhasil menyelesaikan sekolah, tahapan selanjutnya yang tidak kalah menunggu kelulusan adalah interview kerja. Ya, apalagi untuk para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman sama sekali. Pertama mulai dari perkenalan diri, meskipun terlihat sepele namun ini sering kali menjadi dasar dalam penilaian karakter pelamar. Nah, supaya tepat dan tidak salah langkah Anda perlu catat seperti apa cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate yang benar.

Data diri menjadi pertanyaan pasti pertama yang ditanyakan oleh para recruitment diberbagai perusahaan. Umumnya Anda langsung diminta untuk memperkenalkan, menceritakan sampai dengan menggambarkan diri sebelum pada pertanyaan lebih penting lainnya. informasi yang didapatkan dari para rekruitmen akan menjadi dasar apakah Anda memiliki kepribadian sesuai dengan posisi yang dicari ataupun sebaliknya. Maka dari itu, tahap ini harus dilakukan secara tepat dengan pertimbangan yang tidak bisa sembarangan.

Segala sesuatu yang terstruktur itu pasti akan lebih mudah untuk dipahami, begitu pula dalam perkenalan diri. Selain itu juga akan memberikan kemudahan Anda untuk mengingat seperti apa saja yang harus disampaikan dan bagaimana. Ini harus menggunakan trik, supaya pewawancara merasa tertarik dengan Anda. istilah kata, pada tahap ini Anda bisa menjual diri dengan kelebihan dan segala bentuk keuntungan perusahaan ketika menerima Anda.

Sebagai pembuka dan menjadi pertanyaan pertama, adapun susunan yang bisa Anda coba untuk memudahkan seperti:

1. Profil singkat.

Yang pertama bisa Anda jawab adalah dengan menerangkan profil pribadi, ini mulai dari nama lengkap, nama panggilan, usia, alamat, sampai dengan beberapa hal pribadi lainnya. Tentu pertimbangannya sesuai yang dibutuhkan perusahaan akan informasi dari Anda.

2. Riwayat pendidikan.

Langkah yang selanjutnya adalah dengan menyampaikan seperti apa riwayat latar belakang pendidikan yang sudah pernah ditempuh. Umumnya memang hanya sekolah atau pendidikan terakhir saja, namun tidak ada salahnya untuk menerangkan dari sekolah dasar. Pastikan jawaban relevan dan sesuai dengan pekerjaan.

3. Pengalaman berorganisasi.

Meskipun menjadi lulusan baru, namun pengalaman yang dapat Anda ceritakan adalah dari organisasi. Tidak perlu panjang lebar, pastikan singkat, jelas dan langsung dari fokus yang ingin diinformasikan.

4. Kekurangan dan kelebihan.

Umumnya dalam wawancara, ini sering menjadi pertanyaan yang perlu untuk dijelaskan oleh pelamar. Sebelum diberi pertanyaan lebih baiknya jelaskan, apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan. Cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate tahap ini menjadi penting karena perusahaan ingin melihat karakter pada diri Anda apakah sesuai dengan posisi jabatan.

5. Prestasi apa saja yang diperoleh.

Untuk melengkapi pengalaman berorganisasi dalam sekolah formal, Anda bisa menjelaskan pula mengenai beberapa prestasi yang sudah pernah diperoleh. Ini tentu berhubungan dengan beberapa hal seperti akademis maupun non akademis. Sadar tidak sadar ini akan menjadi poin tambahan untuk Anda dihadapan pewawancara.

Secara umum memang diatas menjadi runtutan dari memperkenalkan diri secara baik, ini akan memberikan ketepatan untuk wawancara. Dengan begitu Anda akan lebih mudah, memahami apa saja yang sudah telah disampaikan dan belum. Sehingga meminimalisir kemungkinan informasi yang terlewat karena lupa dan sebagainya. Baik perusahaan kecil maupun besar, secara umum memang memiliki pertanyaan yang sama saat wawancara jadi perlu untuk dipersiapkan sebelumnya.

Supaya bisa lebih percaya diri dalam tes pekerjaan, Anda bisa mempersiapkan kualitas diri terlebih dahulu. Ya, misalnya saja setelah sekolah formal langsung mengikuti pelatihan atau pengembangan diri. Yang mana ini banyak sekali ditawarkan oleh lembaga profesional di Indonesia dengan segala bentuk kemudahan dan kelengkapan programnya. Misalnya saja pada Prasmul-ELI yang menjadi lembaga rekomendasi terbaik saat ini, penasaran apa saja yang ditawarkan oleh lembaga tersebut?

Kesimpulan dari semua pemaparan diatas adalah segala tahap dalam seleksi kerja itu memang cukup menegangkan apalagi untuk bagian wawancara bagi para lulusan baru. Dengan mengetahui tahapan atau cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate  diatas, setidaknya bisa meminimalisir kemungkinan salah. Karena bagian ini menjadi penilaian yang cukup penting bagi Anda sebagai pelamar, apalagi tanpa pengalaman. Makanya dengan Prasmul-ELI bisa menjadi solusi meningkatkan kualitas diri dihadapan pewawancara.