July 19, 2024

Hello Sobat Berita Mulia! Kali ini kita akan membahas tentang “resep masakan sederhana untuk pemula”. Bagi kamu yang baru belajar masak atau ingin mencoba masak sendiri di rumah, resep masakan sederhana bisa jadi pilihan yang tepat. Selain mudah dibuat, resep masakan sederhana juga bisa menghemat waktu dan biaya. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Resep Ayam Goreng Tepung

Ayam goreng tepung merupakan salah satu resep masakan sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan di pasar atau minimarket terdekat. Untuk membuat ayam goreng tepung, kamu hanya perlu menyiapkan ayam, tepung terigu, tepung maizena, telur, bawang putih, garam, dan merica.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama-tama, cuci bersih ayam dan potong sesuai selera. Kemudian, campurkan tepung terigu, tepung maizena, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, dan merica. Setelah itu, celupkan ayam ke dalam campuran tepung tersebut, lalu celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok lepas. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Sajikan ayam goreng tepung bersama nasi hangat dan sambal sebagai pelengkap.

2. Resep Nasi Goreng Kampung

Nasi goreng kampung juga bisa menjadi pilihan resep masakan sederhana yang mudah dibuat di rumah. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan di pasar atau minimarket terdekat. Untuk membuat nasi goreng kampung, kamu hanya perlu menyiapkan nasi, telur, bawang merah, bawang putih, cabai merah, kecap manis, garam, dan merica.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama-tama, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah hingga harum. Kemudian, masukkan telur dan aduk-aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, masukkan nasi dan aduk-aduk hingga tercampur rata dengan telur dan bumbu. Tambahkan kecap manis, garam, dan merica sesuai selera. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan nasi goreng kampung siap disajikan.

3. Resep Sayur Asem

Sayur asem merupakan salah satu resep masakan sederhana yang cukup populer di Indonesia. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan di pasar atau minimarket terdekat. Untuk membuat sayur asem, kamu hanya perlu menyiapkan sayuran seperti kacang panjang, jagung manis, terong, buncis, dan daun melinjo. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan bumbu seperti asam jawa, gula merah, garam, dan cabai merah.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama-tama, rebus air dan masukkan bumbu seperti asam jawa, gula merah, garam, dan cabai merah. Kemudian, masukkan semua sayuran ke dalam rebusan bumbu tersebut. Tunggu hingga sayuran matang dan kuah sayur asem siap disajikan. Sayur asem cocok disajikan bersama nasi hangat dan lauk seperti ayam goreng atau ikan goreng.

Kesimpulan

Itulah tiga resep masakan sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selain mudah dibuat, resep masakan sederhana juga bisa menghemat waktu dan biaya. Kamu bisa mencoba membuat ayam goreng tepung, nasi goreng kampung, atau sayur asem untuk menu makan siang atau makan malam di rumah. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk menikmati hasil masakanmu sendiri.