4 Cara Mengupas Telur Puyuh Lebih Cepat & Efisien

Siapa yang tidak kenal dengan telur puyuh walau kecil namun menawarkan sensasi kenikmatan. Tidak heran kalau saat ini sudah banyak yang jual telur puyuh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Telur yang satu ini memiliki ukuran yang cukup mungil, hingga dibuyuhkan cara mengupasnya dengan baik.

Selain itu telur puyuh ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan. Telur puyuh mengandung nutrisi yang sangat tinggi dibandingkan telur ayam. Jadi ketika mengkonsumsi telur puyuh, anda akan mendapatkan nutrisi seperti :Vitamin B2, Vitamin B5, Vitamin B12, Vitamin A, Zinc, Zat besi, Fosfor, dan Selenium.

Cara Mengupas Telur Puyung dengan Benar dan Cepat

Ketika anda akan membuat olahan dengan bahan utama telur puyuh maka harus mengupasnya dengan benar. Jangan sampai telur yang ukurannya kecil malah hancur karena tidak bisa mengupasnya dengan benar. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa  cara mengupas telur puyuh dengan benar.

  1. Memasukkan telur puyuh ke dalam air

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengupas telur puyuh dengan baik adalah dengan memasukkannya ke dalam air. Silahkan memilih telur puyuh yang tenggelam, menandakan kalau telur tersebut berkualitas.

Telur puyuh yang mengapung menandakan kalau kualitasnya jelek atau sudah busuk. Jadi jangan ikut dimasak karena bisa merusak cita rasanya dan kehilangan manfaatnya. Agar tidak mendapatkan telur puyuh yang rusak, silahkan memilih telur puyuh yang berkualitas dan berkualitas bagus.

  1. Mendidihkan air dan merebusnya 5 menit

Ketika sudah mendapatkan telur puyuh dari toko penyedia jual telur puyuh yang terpercaya, silahkan masak air sampai mendidih. Anda bisa menambahkan sedikit garam agar lebih mudah saat proses pengelupasan.

Ketika air sudah mendidih, silahkan merebus telur puyuh sekitar 5 menit. Hal ini bertujuan agar mendapatkan telur puyuh dalam kondisi sudah matang sempurna. Saat merebus telur puyuh pastikan semua telur sudah terendam dengan air.

Silahkan sesekali mengaduk rebusan telur puyuh agar bagian kuning telur tetap ada di tengah. Kalau posisi kuning telur terlalu kebawah dan nempel dengan kulit bisa menyebabkan telur robek saat dikupas. Hal sederhana seperti ini harus diperhatikan agar mendapatkan hasil rebusan yang terbaik.

  1. Silahkan angkat, tiriskan, rendam menggunakan air es

Ketika proses merebus sudah 5 menit, pastikan anda segera mengangkat dan tiriskan. Setelah itu anda bisa langsung menyiramnya dengan menggunakan air es. Selain itu anda juga bisa menyimpannya di kulkas untuk mengurangi panasnya.

Kenapa harus menggunakan air es? Sejatinya telur yang masih dalam kondisi panas itu sama halnya masih dalam proses memasak. Ketika sudah tidak dingin, telur puyuh ini akan semakin mudah untuk di kupas.

  1. Ketika sudah dingin silahkan retakkan cangkang telur

Ketika telur sudah dingin, silahkan cari bagian permukaan telur yang berongga untuk diretakkan. Nah, dengan demikian proses pengelupasan akan lebih cepat tanpa merusak permukaan telur puyuh. Kalau menemukan telur yang sulit dikupas, anda bisa mencoba mengupasnya di dalam air rendaman.

Kalau sampai saat ini anda masih bingung mencari toko yang menjual telur puyuh, kini anda tidak perlu khawatir. Silahkan saja langsung kunjungi tanihub.com yang sudah menyediakan berbagai telur puyuh. Dijamin telur yang ditawarkan sudah disortir dan anda akan mendapatkan telur yang terbaik.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara untuk mengupas telur puyuh dengan cepat dan benar. Telur puyuh pun sudah siap di olah menjadi sajian yang sangat sedap dan nikmat. Kuncinya silahkan memilih toko jual telur puyuh yang terbaik agar mendapatkan telur yang berkualitas. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda.

Leave a Comment